Wahai Sahabat, Tolong Tanyakan Kepada ALLAH SWT, Jika Aku Tiada Bersamamu Di Surga-NYA

Alkisah........ Si Fulan mengunjungi seorang teman yang sedang kritis sakitnya, dia menggenggam erat tangan saya, lalu menarik ke mukanya, dan membisikkan sesuatu.. Dalam airmata berlinang dan ucapan yang terbata-bata dia berkata, "Jika kamu tidak melihat aku di surga, tolong tanya pada Allah dimana aku, tolonglah aku ketika itu..." Dia langsung terisak menangis, lalu saya memeluknya dan meletakkan muka saya dibahunya. Sayapun berbisik," Insyaallah, insyaallah, aku juga mohon kepadamu jika aku juga tidak melihat aku di surga..." Kami pun menangis bersama, entah berapa lama... Ketika saya meninggalkan Rumah Sakit, saya terkenang akan pesan beliau... 

  
Sebenarnya pesan itu pernah di sampaikan oleh seorang ulama besar, Ibnu Jauzi, yang berkata kepada sahabatnya sambil menangis : "Jika kamu tidak menemui aku di surga bersama kamu, maka tolonglah tanya kepada Allah tentang aku ; Wahai Rabb kami, si fulan sewaktu di dunia selalu mengingatkan kami tentang Engkau, maka masukkanlah dia bersama kami di surga". 

Ibnu Jauzi berpesan begini bersandar kepada sebuah hadits : "Apabila penghuni surga telah masuk ke dalam surga lalu mereka tidak menemukan sahabat-sahabat mereka yang selalu bersama mereka dahulu di dunia, maka mereka pun bertanya kepada Allah ; Ya Rabb! kami tidak melihat sahabat-sahabat kami yang sewaktu di dunia bersholat bersama kami, berpuasa bersama kami dan berjuang bersama kami..." Maka Allah berfirman, "Pergilah ke neraka, lalu keluarkanlah sahabat-sahabatmu yang di hatinya ada iman, walau hanya sebesar zarrah".
(Ibnu Mubarak dlm kitab Az Zuhd)
 

Maka wahai sahabat-sahabatku, Di dalam bersahabat, mari berteman dengan mereka yang boleh membantu kita bukan hanya ikatan di dunia, tetapi hingga akhirat.. Sahabat-sahabat yang senantiasa berbuat amal sholeh, yang sholat berjamaah, berpuasa dan sentiasa berpesan agar meningkatkan keimanan, serta berjuang untuk menegakkan agama Islam. Teman yang mengajak ke majlis ilmu, mengajak berbuat kebaikan, bersama untuk kerja kebajikan, serta selalu berpesan dengan kebenaran. Teman yang bertakwa, akan mencari kita untuk bersama ke surga.... Akan tetapi kita tidak boleh membatasi diri kita dalam berteman dan jangan terlalu memilih dalam berteman, karena kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan dan pertolongan orang lain yang harus selalu bersilahturahmi dengan sesama. 

Al-Hasan Al-Bashri berkata :
"Perbanyakkanlah sahabat-sahabat mukminmu, karena mereka memiliki syafa'at pada hari kiamat”.
 

Wahai sahabat, tolong tanyakan kepada Allah SWT, jika aku tiada bersamamu di surga-Nya.
BAWALAH AKU KE SURGA !

Referensi : Dikutip dari berbagai sumber  

0 Comment "Wahai Sahabat, Tolong Tanyakan Kepada ALLAH SWT, Jika Aku Tiada Bersamamu Di Surga-NYA"

Post a Comment