35 Manfaat Kopi Dan Aneka Jenis Minuman Kopi Yang Harus Anda Ketahui

Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab: قهوة‎ qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini. Selain mempunyai kandungan kafein, ternyata kopi juga mempunyai kandungan asam buah, asam organik, lemak, alkaloid, mineral, potasium, magnesium dan besi yang banyak bermanfaat bagi kecantikan wajah dan kulit. Kopi dikenal tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja, melainkan kopi juga dapat bermanfaat bagi kecantikan tubuh, seperti kecantikan wajah, kecantikan kulit, kecantikan rambut dan sebagainya. Sebenarnya manfaat kopi tidak hanya untuk diminum, tetapi kopi juga bisa digunakan untuk perawatan wajah dan tubuh, seperti diolesi dan sebagainya. Adapun manfaat-manfaatnya sebagai berikut :


1. Kopi Dapat Meningkatkan Stamina Dan Membuat Anda Lebih Cerdas
Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat.  Sehingga membuat perasaan segar lebih lama. Setelah Anda minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah. Dari sana, perjalanan ke dalam otak. Di otak, kafein blok inhibitory neurotransmitter yang disebut Adenosin. Ketika itu terjadi, jumlah neurotransmiter lain seperti norepinefrin dan dopamin sebenarnya meningkatkan, yang mengarah ke pemecatan ditingkatkan neuron. Banyak percobaan terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak. Ini termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi dan fungsi umum kognitif.

2. Kopi Dapat Mencegah Kanker
Kanker adalah salah satu penyebab terkemuka di dunia kematian dan ditandai oleh pertumbuhan yang tidak terkontrol dari sel-sel dalam tubuh. Antioksidan pada kopi membantu menekan resiko gejala kanker pada tubuh. Kopi tampaknya melindungi terhadap dua jenis kanker yaitu kanker hati dan kanker kolorektal. Kanker hati adalah penyebab utama ketiga kematian kanker di dunia, sementara kanker kolorektal menempati urutan keempat. Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki hingga risiko 40% lebih rendah dari kanker hati. Satu studi dari 489.706 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko 15% lebih rendah dari kanker kolorektal. Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25%.

3. Kopi Dapat Membantu Proses Pembakaran Lemak
Kafein adalah salah satu zat alami sangat sedikit yang benar-benar telah terbukti membantu pembakaran lemak. Beberapa studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan tingkat metabolisme oleh 3-11%. Studi lain menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak, sebanyak 10% pada orang obesitas dan 29% pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan bahwa efek ini akan berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

4. Kopi Dapat Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2
Diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan raksasa, saat ini melanda sekitar 300 juta orang di seluruh dunia. Hal ini ditandai dengan gula darah dalam konteks resistensi insulin atau tidak mensekresi insulin. Penghambatan penyerapan gula dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mambantu kinerja hal ini pada peningkatan pembentukan insulin. Untuk beberapa alasan, peminum kopi memiliki risiko secara signifikan mengurangi diabetes tipe 2. Studi menunjukkan bahwa orang yang minum kopi paling memiliki risiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit ini, salah satu studi yang menunjukkan penurunan setinggi 67%. Menurut review besar yang melihat data dari 18 studi dengan total 457.922 orang, setiap cangkir kopi sehari-hari dikaitkan dengan penurunan risiko 7% terkena diabetes tipe 2. Para ahli lainnya telah membuktikan penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat diturunkan sebesar 50% berkat manfaat kopi.

5. Kopi Menjaga Kesehatan Mulut
Kopi memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan resiko kanker mulut. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam kopi ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.

6. Kopi Memiliki Efek Pelindung Di Hati 
Hati adalah organ yang menakjubkan yang melakukan ratusan fungsi penting dalam tubuh. Beberapa penyakit umum terutama mempengaruhi hati, termasuk hepatitis, penyakit hati berlemak dan lain-lain. Banyak dari penyakit ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut sirosis, di mana hati sebagian besar telah digantikan oleh jaringan parut. Ternyata bahwa kopi dapat melindungi terhadap sirosis. Orang yang minum 4 cangkir atau lebih per hari memiliki hingga risiko 80% lebih rendah.

7. Kopi Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer dan Demensia
Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan menyerang orang yang telah berusia 65 tahun ke atas. Kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf. Beberapa studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki hingga risiko 65% lebih rendah terkena penyakit Alzheimer

8. Kopi Bisa Turunkan Risiko Parkinson
Penyakit Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum kedua, setelah Alzheimer. Parkinson merupakan salah satu penyakit yang paling populer yang penyebabnya adalah degradasi fungsi saraf dalam tubuh manusia. Konsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson.Hal ini disebabkan oleh kematian neuron dopamin menghasilkan di otak. Dalam studi, peminum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson, dengan penurunan risiko mulai 32-60%. Dalam hal ini, tampaknya menjadi kafein itu sendiri yang menyebabkan efek. Orang yang minum kopi tanpa kafein tidak memiliki risiko yang lebih rendah dari Parkinson.

9. Kopi Bisa Meningkatkan Kinerja Fisik
Kafein merangsang sistem saraf, menyebabkan ia mengirim sinyal ke sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Tapi kafein juga meningkatkan Epinefrin (Adrenalin) tingkat dalam darah. Kafein membuat sel-sel lemak memecah lemak tubuh, melepaskan mereka ke dalam darah sebagai asam lemak bebas dan membuat mereka tersedia sebagai bahan bakar. Mengingat efek ini, tidak mengejutkan untuk melihat bahwa kafein dapat meningkatkan kinerja fisik dengan 11-12%, rata-rata. 

10. Kopi Tidak Menyebabkan Penyakit Jantung Dan Menurunkan Risiko Stroke 
Hal ini sering mengklaim bahwa kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini benar, tetapi efeknya kecil (3-4 mm / Hg) dan biasanya hilang jika Anda minum kopi secara teratur. Namun, efeknya dapat bertahan pada beberapa orang, sehingga tetap diingat bahwa jika Anda memiliki tekanan darah. Itu dikatakan, studi TIDAK mendukung mitos bahwa kopi meningkatkan risiko penyakit jantung. Bahkan, ada beberapa bukti bahwa wanita yang minum kopi memiliki risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko 20% lebih rendah dari stroke.

11. Kopi Dapat Membantu Anda Hidup Lebih Lama 
Mengingat bahwa peminum kopi cenderung untuk mendapatkan banyak penyakit, masuk akal bahwa kopi bisa membantu Anda hidup lebih lama. Sebenarnya ada beberapa studi observasional menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kematian lebih rendah. Dalam dua penelitian yang sangat besar, minum kopi dikaitkan dengan risiko 20% lebih rendah dari kematian pada pria dan risiko 26% lebih rendah dari kematian pada perempuan, selama periode 18-24 tahun. Efek ini tampaknya sangat kuat pada penderita diabetes tipe II. Dalam satu studi, penderita diabetes yang minum kopi memiliki risiko 30% lebih rendah dari kematian selama periode penelitian 20 tahun.

12. Kopi Dapat Meningkatkan Mood
Banyak orang yang secara tidak sadar lebih bergairah dan ceria ketika meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang, tidak hanya itu ia juga dapat memberikan efek korelasi pada kebahagiaan. Kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga, memperbaiki mood, dan meningkatkan konsentrasi

13. Kopi Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan
Kandungan kafein yang dikonsumsi dengan tepat dapat membantu anda dalam menekan nafsu makan. Kehilangan cairan di dalam tubuh karena mengkonsumsi kafein akan mengakibatkan tubuh memproses panas dan energi, meskipun demikian cairan harus segera digantikan untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda. Beberapa suplemen atau pengobatan yang menggunakan kandungan kafein dalam penurunan berat badan harus menggunakan resep dokter, sehingga tidak mengangu kesehatan organ tubuh yang lain.

14. Kopi Mencegah Penyakit Batu Empedu
Kopi yang tanpa gula dan krim dipercaya lebih bermanfaat, apalagi juga dalam pencegahan penyakit batu empedu. Seperti yang telah dibuktikan ditahun 2002 oleh para peneliti Harvard, risiko batu empedu bisa dikurangi, baik bagi pria maupun wanita. Setidaknya tiga hingga empat cangkir kopi memang butuh dikonsumsi setiap harinya.

15. Kopi Dapat Mencegah Depresi Dan Stres Sering merasa depresi juga bisa diatasi dengan meminum kopi sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup dengan baik. Depresi adalah gangguan mental yang serius yang menyebabkan kualitas secara signifikan mengurangi hidup. Perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi, dan mereka yang minum empat cangkir memiliki resiko 20 persen lebih rendah, menurut laporan 2011 dalam “Archives of Internal Medicine.” Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, agar dapat melakukan aktifitas fisik lebih lama. Hal tersebut mungkin saja terjadi, karena kafein membuat “bahan bakar” yang dipakai otot lebih lama. Selain itu, kafein juga bisa meningkatkan rasa riang, membuat merasa lebih segar, dan penuh semangat.

16. Kopi Dapat Mencegah Encok
Encok memang sering dialami oleh banyak orang dewasa yang telah lewat dari usia 40 tahun dan hal ini bisa diatasi dan bahkan dicegah dengan mengonsumsi baik kopi biasa maupun kopi yang tidak mengandung kafein. Manfaat kopi, terutama jika diminum sekitar lima cangkir sehari bisa mengurangi risiko encok. Sebuah studi tahun 2007 pada pria yang berusia lebih dari 40 tahun menghubungkan konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya risiko encok, kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat. Baik kopi reguler atau yang tanpa kafein akan memberikan dampak positif, dan mereka yang minum enam cangkir sehari memiliki risiko 60 persen lebih rendah terhindar dari kondisi encok.

17. Kopi Dapat Meningkatan Memori Ingatan
Kopi dapat membantu meningkatkan memori,  baik itu memori jangka panjang maupun pendek. Dalam sebuah studi tahun 2005 yang dipresentasikan pada Radiological Society of North America, para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi. Yang lebih menarik lagi, sebuah penelitian di tahun 2007 menemukan bahwa wanita berusia 65 atau lebih yang rutin minum 3 gelas kopi atau lebih dalam sehari memiliki performa lebih baik dalam tes memori dan kurang mungkin untuk menunjukkan penurunan memori dibanding mereka yang minum hanya satu cangkir sehari.

18. Kopi Memberikan Nutrisi Bagi Tubuh
Jangan menganggap kopi hanya air berwarna hitam saja. Selain kafein, kopi juga mengandung nutrisi yang berguna untuk tubuh anda.  Bahwa dalam segelas kopi mengandung: Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG. Asam pantotenat (Vitamin B5): 6% dari AKG. Mangan dan Kalium: 3% dari AKG. Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG. Walaupun jumlah nutrisi yang ada tidak terlalu banyak, akan tapi lebih bagus dari pada tidak sama sekali. Note: AKG adalah angka kecukupan Gizi, sehingga bila ditulis 5 %, maka tinggal mencari 95 % lagi agar mencukupi AKG anda untuk hari ini.

19. Kopi Menjadi Sumber Antioksidan Yang Sehat
Kopi merupakan sumber antioksidan yang sangat cukup untuk anda yang memiliki aktivitas tinggi. Dengan dukungan dari kafein mampu memberikan anda adrenalin yang cukup serta terbukti sebagai salah satu antioksidan yang cukup dan efektif untuk kebutuhan harian anda. Bahkan, studi menunjukkan bahwa kebanyakan orang mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi daripada buah-buahan dan sayuran.
Pencegahan Rematik Gout
Sebuah studi yang dilakukan tahun 2007 tentang pria yang berumur lebih tua dari 40 tahun, yang terkait konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya risiko gout, yaitu kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat. Minum kopi dengan atau tanpa kafein secara teratur,  keduanya memiliki efek. Mereka yang minum enam cangkir sehari berisiko 60 persen lebih rendah untuk asam urat. (Sumber: Livestrong.com – How Drinking Coffee Could Improve Your Health)
- See more at: http://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-minum-kopi-bagi-kesehatan-705.html#sthash.Kmg9LS2N.dpuf

20. Kopi Mengurangi Sakit Kepala 
Penelitian menemukan kafein yang terdapat dalam kopi atau teh (dalam jumlah tertentu) sanggup menolong mengobati sakit kepala. Menurut Seimur Diamond, M.D., dari Chicago’s Diamond Headache Clinic, penderita migrain dalam kategori ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat atau secangkir black tea. Jadi, sebelum mengkonsumsi obat cobalah dulu sembuhkan sakit kepalamu dengan minuman berkafein.

21. Kopi Dapat Melegakan Asma
Kafein akan melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru-paru.
 
22. Kopi Dapat Menangkal Radikal Bebas
Selain dapat menangkal radikal bebas, kafein pun dapat menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA. Radikal bebas juga adalah masalah yang sering dihadapi, tapi kopi dengan kandungan antioksidannya mampu untuk mengatasi masalah ini. Penuaan dini, jerawat, serta kanker bisa dilawan dengan kopi; hasil lebih oke kalau melakukan perawatan dengan membuat masker sendiri dengan bahan biji kopi. Gunakan juga minyak zaitun, beberapa tetes saja sebagai campuran.

23. Kopi Juga Bagus Untuk Menyuburkan Rambut
Kafein dalam kopi juga bagus untuk menyuburkan rambut dan efektivitasnya telah dibuktikan. Bagi yang pertumbuhan rambut terasa begitu lambat dan bahkan malah mengalami kerontokan, ini saatnya untuk melirik manfaat kopi untuk rambut satu ini. Bilaslah rambut dengan seduhan kopi setelah mencuci rambut; tunggu beberapa menit sebelum menggunakan air bersih untuk membilasnya. Pertumbuhan pada rambut dipercaya dirangsang oleh kandungan kafein pada kopi; akar rambut pun juga akan diperkuat oleh kafein tersebut.

24. Kopi Dapat Membantu Menghilangkan Selulit
Selulit merupakan masalah kulit yang biasanya membuat para wanita khawatir, tapi dengan kafein yang terkandung dalam kopi, penampakan selulit bisa disamarkan dengan sangat efektif. Caranya adalah dengan kopi bubuk yang dijadikan scrub; gunakan dengan cara memijat ketika mengaplikasikannya ke daerah kulit berselulit, lakukanlah selama beberapa menit. Tidak hanya penggumpalan lemak yang akan dipecah, tapi sel kulit mati pun akan diangkat dengan scrub dari kopi bubuk tadi.
25. Kopi Mendukung Kesehatan Tulang
Kekurangan kalsium menjadi salah satu hal yang paling sering menyebabkan penyakit tulang. Penyakit ini lebih sering terjadi pada orang tua terutama wanita yang sudah mengalami menoupouse. Hal ini disebabkan karena masa kalsium dalam tubuh tidak bisa diserap oleh tulang dengan baik. Kalsium yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah semua jenis keluhan pada tulang baik untuk wanita dan pria.

26. Kopi Dapat Menjaga Kesehatan Jantung
Kopi mengandung kalium yang berfungsi untuk menguatkan otot-otot jantung dan menjaga agar detak jantung cepat normal. Berbagai jenis makanan yang kita konsumsi secara tidak langsung akan membentuk efek pada jantung seperti lemak , ang menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Untuk mengatasi hal ini maka konsumsi kopi tanpa gula sangat disarankan.

Selain 26 manfaat kopi di atas, manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari kopi adalah :
27. Mencegah dan Mengurangi Kerutan di Kulit
28. Menghaluskan Kulit
29. Mencegah Timbulnya Jerawat
30. Melembabkan Kulit
31. Membantu Menghilangkan Sel Kulit Mati
32. Menghilangkan Bau Badan
33. Menetralkan Kulit Yang Teriritasi 
34. Mencegah Rematik Gout
35. Kopi Adalah Teman Santai Dan Kerja Terbaik

Kopi begitu memiliki peran penting dalam mencegah berbagai penyakit dan bahkan mampu meningkatkan kecantikan kulit. Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebih, tentu kopi tidak akan berbahaya dan justru ada banyak manfaat kopi yang bisa didapat.

Jenis Biji Kopi
Dari sekian banyak jenis biji kopi yang dijual di pasaran, hanya terdapat 2 jenis varietas utama, yaitu kopi arabika (Coffea arabica) dan robusta (Coffea robusta). Masing-masing jenis kopi ini memiliki keunikannya masing-masing dan pasarnya sendiri.

Biji Kopi Arabika
Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik. Sebagian besar kopi yang ada dibuat dengan menggunakan biji kopi jenis ini. Kopi ini berasal dari Etiopia dan sekarang telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika Latin, Afrika Tengah, Afrika Timur, India, dan Indonesia. Secara umum, kopi ini tumbuh di negara-negara beriklim tropis atau subtropis. Kopi arabika tumbuh pada ketinggian 600–2000 m di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 3 meter bila kondisi lingkungannya baik. Suhu tumbuh optimalnya adalah 18-26 oC. Biji kopi yang dihasilkan berukuran cukup kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap.

Biji Kopi Robusta
Kopi robusta pertama kali ditemukan di Kongo pada tahun 1898. Kopi robusta dapat dikatakan sebagai kopi kelas 2, karena rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafein dalam kadar yang jauh lebih banyak. Selain itu, cakupan daerah tumbuh kopi robusta lebih luas daripada kopi arabika yang harus ditumbuhkan pada ketinggian tertentu. Kopi robusta dapat ditumbuhkan dengan ketinggian 800 m di atas permuakaan laut. Selain itu, kopi jenis ini lebih resisten terhadap serangan hama dan penyakit. Hal ini menjadikan kopi robusta lebih murah. Kopi robusta banyak ditumbuhkan di Afrika Barat, Afrika Tengah, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan.

Kopi Luwak
Jenis kopi yang lain merupakan turunan atau subvarietas dari kopi arabika dan robusta. Biasanya disetiap daerah penghasil kopi memiliki keunikannya masing-masing dan menjadikannya sebagai suatu subvarietas. Salah satu jenis kopi lain yang terkenal adalah kopi luwak asli Indonesia. Kopi luwak merupakan kopi dengan harga jual tertinggi di dunia. Proses terbentuknya dan rasanya yang sangat unik menjadi alasan utama tingginya harga jual kopi jenis ini. Pada dasarnya, kopi ini merupakan kopi jenis arabika. Biji kopi ini kemudian dimakan oleh luwak atau sejenis musang. Akan tetapi, tidak semua bagian biji kopi ini dapat dicerna oleh hewan ini. Bagian dalam biji ini kemudian akan keluar bersama kotorannya. Karena telah bertahan lama di dalam saluran pencernaan luwak, biji kopi ini telah mengalami fermentasi singkat oleh bakteri alami di dalam perutnya yang memberikan cita rasa tambahan yang unik.

Jenis-Jenis Minuman Kopi
Minuman kopi yang ada saat ini sangatlah beragam jenisnya. Masing-masing jenis kopi yang ada memiliki proses penyajian dan pengolahan yang unik. Berikut ini adalah beberapa contoh minuman kopi yang umum dijumpai:
  • Kopi hitam, merupakan hasil ektraksi langsung dari perebusan biji kopi yang disajikan tanpa penambahan perisa apapun.
  • Espresso, merupakan kopi yang dibuat dengan mengekstraksi biji kopi menggunakan uap panas pada tekanan tinggi.
  • Latte (coffee latte), merupakan sejenis kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara susu dan kopi 3:1.
  • Café au lait, serupa dengan caffe latte tetapi menggunakan campuran kopi hitam.
  • Caffè macchiato, merupakan kopi espresso yang ditambahkan susu dengan rasio antara kopi dan susu 4:1.
  • Cappuccino, merupakan kopi dengan penambahan susu, krim, dan serpihan cokelat.
  • Dry cappuccino, merupakan cappuccino dengan sedikit krim dan tanpa susu.
  • Frappé, merupakan espresso yang disajikan dingin.
  • Kopi instan, berasal dari biji kopi yang dikeringkan dan digranulasi.
  • Kopi Irlandia (irish coffee), merupakan kopi yang dicampur dengan wiski.
  • Kopi tubruk, kopi asli Indonesia yang dibuat dengan memasak biji kopi bersama dengan gula.
  • Melya, sejenis kopi dengan penambahan bubuk cokelat dan madu.
  • Kopi moka, serupa dengan cappuccino dan latte, tetapi dengan penambahan sirup cokelat.
  • Oleng, kopi khas Thailand yang dimasak dengan jagung, kacang kedelai, dan wijen.
Sumber : wikipedia.org, authoritynutrition.com, manfaat.co.id, sikeke.com, webkesehatan.com, manfaatonline.com, dream.co.id, cantikinfo.net.

Semoga Bermanfaat Bagi Kita Bersama, Mohon Maaf Bila Banyak Kekurangannya, Terima Kasih Atas Kunjungannya.

Pencegahan Rematik Gout
Sebuah studi yang dilakukan tahun 2007 tentang pria yang berumur lebih tua dari 40 tahun, yang terkait konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya risiko gout, yaitu kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat. Minum kopi dengan atau tanpa kafein secara teratur,  keduanya memiliki efek. Mereka yang minum enam cangkir sehari berisiko 60 persen lebih rendah untuk asam urat. (Sumber: Livestrong.com – How Drinking Coffee Could Improve Your Health)
- See more at: http://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-minum-kopi-bagi-kesehatan-705.html#sthash.Kmg9LS2N.dpuf

0 Comment "35 Manfaat Kopi Dan Aneka Jenis Minuman Kopi Yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment