Bidadari - Bidadari Surga

Bismillahirrahmanirrahim… Allah berfirman : “Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya, tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka dan tidak pula oleh jin. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?. Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.” (QS. Ar-Rahman 55: 56-58)

Allah berfirman: “Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung, dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan, penuh cinta lagi sebaya umurnya. (QS. Al-Waqi’ah 56: 35-37)

Allah berfirman: “Dan ada bidadari-bidadari yang bermata Jeli, laksana mutiara yang tersimpan baik. “ (QS. Al-Waqi’ah 56: 22-23)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: “Penghuni surga boleh mencermin melihat wajahnya di pipi bidadari yang mulus itu.” (HR. Al-Baihaqi dan Al-Hakim)

 
Ummu Salamah r.a. berkata "Saya pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam., "Terangkan kepadaku tentang firman Allah Azza wa Jalla 'huurun 'in'. Jawab Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam. 'Huurun maksudnya adalah (kulitnya) putih dan 'in maksudnya adalah matanya besar dan berwarna blonde (kekuning-kuningan). Wanita hauro' itu seperti sayap burung nasar (elang).Aku berkata, Wahai Rasulullah, terangkan kepadaku maksud firman Allah Azza wa Jalla, Seakan-akan mereka adalah permata yang tersimpan dengan baik.' Jawab Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam., Warna putih kulit mereka seperti warna putih mutiara yang ada di dalam kerang dan tidak pernah disentuh oleh tangan siapa pun."Aku berkata Wahai Rasulullah, terangkan kepadaku maksud firman Allah Azza wa Jalla, 'Di dalam surga-surga itu ada bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik." Jawab Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam., 'Mereka adalah wanita yang mulia akhlaknya dan cantik rupanya.'Aku berkata Wahai Rasulullah, terangkan kepadaku maksud firman Allah Azza wa Jalla, 'Seakan-akan mereka adalah telur yang tersimpan baik.' Jawab Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam., 'Kelembutan dan ketipisan kulit mereka mirip kelembutan dan ketipisan kulit yang engkau lihat pada kulit dalam telur." (HR. Thabrani)

Dari Ishaq bin Nu’man yang berkata bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya di Surga, terdapat masyarakat bidadari yang bermata jelita. Mereka melantunkan suara emasnya yang tidak pernah didengar seluruh mahluk sebelumnya. Mereka berkata ‘Kami adalah wanita-wanita abadi dan kami tidak mati. Kami bahagia dan tidak sengsara. Kami ridho dan tidak cemberut. Berbahagialah bagi orang yang menjadi milik kami dan kami menjadi miliknya’. (HR. Tirmidzi).

Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika salah seorang bidadari menampakkan wajahnya, nescaya akan menerangi cahaya antara langit dan bumi.” (HR. Bukhari)

Dari Anas bin Malik r.a, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jibril mengatakan kepadaku bahwa ketika orang mukmin masuk syurga, akan disambut oleh bidadari dengan pelukan hangat dan erat. Dengan jari dan telapak tangan manakah akan dibandingkan kelembutan dan keindahannya, kalau lambaiannya akan memadamkan sinar matahari dan bulan?” (HR. at-Tabrani)

Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sekiranya salah seorang bidadari syurga datang ke dunia, pasti ia akan menyinari langit dan bumi dan memenuhi antara langit dan bumi dengan aroma yang harum semerbak. Sungguh penutup kepala salah seorang wanita syurga itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Anas bin Malik r.a, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika sehelai saja dari rambut bidadari jatuh ke bumi, nescaya wanginya akan meliputi seluruh timur dan barat.” (HR. Ath-Thabrani)

Abu Sa'id Al-Khudri Ra. berkata bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. bersabda, "Sesungguhnya jika penghuni surga usai menggauli istri-istrinya (bidadari), maka mereka langsung kembali perawan lagi. (HR. Thabrani).

Di ambil dari berbagai sumber.

0 Comment "Bidadari - Bidadari Surga"

Post a Comment