Rahasia Menjadi Lebih Percaya Diri !!!

Rasa percaya diri mudah ditumbuhkan, tetapi tidak semuanya mampu bertahan. Sehingga munculah istilah krisis kepercayaan diri. Pemicunya beragam, mulai dari kelelahan, kekhawatiran, kekecewaan, kegagalan dan stres. Ketika kepercayaan diri rendah, kejatuhan mental rentan terjadi. Apabila Anda telah memiliki rasa percaya diri, hal yang paling penting adalah cara menjaga agar kepercayaan diri tetap ada.

Sejumlah cara bisa dilakukan di antaranya, menghilangkan pikiran negatif. pikiran negatif layaknya virus yang mampu meluluhlantakan semangat dan daya juang. Contoh pikiran negatif yang bisa menghancurkan rasa percaya diri antara lain adalah merasa diri lebih rendah, tidak mampu, tidak berharga, ketakutan terhadap penolakan, kegagalan dan melakukan kesalahan.

Melawan pikiran negatif tidak mudah bagi sebagian orang.  Namun, cobalah melawannya dengan mencari sisi positif dari suatu persoalan. Misalnya, berpikir "saya adalah sosok yang berharga, layak di cintai, dan mampu melakukan segala sesuatu asalkan mempelajari terlebih dahulu.

Menumbuhkan dan mempertahankan rasa percaya diri bisa dengan cara mengenali kelebihan diri sendiri. Misalnya, seseorang mempunyai penampilan yang terlihat biasa saja secara fisik. Namun, ia mempunyai semangat yang tinggi, kemauan untuk belajar, dan mempunyai kemampuan menyakinkan orang lain. Ingatlah dan perkuat kemampuan ini. Pengasahan kemampuan ini dapat menjadi modal dalam merintis karier, berinteraksi dengan orang lain dan menjalin kerja sama.

Hindari sikap membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Sikap ini dapat meruntuhkan rasa kepercayaan diri yang terbangun. Lebih baik kenali diri sendiri lebih dalam. Kenali potensi dan kekuatan yang belum tergali dalam diri sendiri dan kembangkan. Cobalah aktivitas baru yang bisa membantu menggali potensi diri. Kembangkan talenta tersebut adalah kunci menuju kesuksesan.

Rasa percaya diri terkadang terbenam karena minimnya interaksi dengan orang lain. Solusinya adalah dengan bertemu dengan orang baru setiap hari. Selain itu, paling tidak sapalah orang yang sering ditemui, tetapi jarang disapa. Berawal dari sapaan, lanjutannya adalah percakapan. Kekakuan mencair dan bisa berganti dengan kenyamanan dan keberanian, sekaligus kepercayaan diri.

Penampilan juga bisa mempengaruhi rasa percaya diri, jika penyebab hilangnya rasa percaya diri adalah tampilan yang kurang maksimal, segera perbaiki tampilan Anda. Selain itu, cobalah ubah penampilan diri menjadi berbeda atau lebih baik dibandingkan biasanya. Contoh lainnya adalah mengubah potongan rambut atau mengubah gaya busana. Penampilan yang lebih baik membuat suasana hati lebih baik dan rasa percaya diri pun timbul.

Melihat kekurangan diri terus menerus akan membuat pikiran negatif muncul. Semangat pun menyurut, rasa percaya diri bisa hilang. Cobalah mengalihkan pikiran, daripada melihat kekurangan terus menerus, lebih baik bersyukur dan melihat kembali hal-hal yang dimiliki dan peristiwa baik yang telah di alami. Telitilah kembali pencapaian yang didapatkan dan perjalanan panjang yang telah dilalui.

Bisa jadi Anda tidak pernah berada pada titik yang dicapai pada saat ini. Bersyukurlah atas peristiwa baik dan buruk yang telah dilalui. Semua hal tersebut membentuk karakter Anda dan memperkuat mental menjadi lebih tahan uji. Tidak ada peristiwa yang berlangsung percuma, terkecuali jika seseorang menyia-nyiakan waktu.

Sumber : Anonim

0 Comment "Rahasia Menjadi Lebih Percaya Diri !!!"

Post a Comment